Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia

PPSI AKAN GELAR MUNAS III DAN SEMNAS NOVEMBER MENDATANG DI UNDIP SEMARANG

21:41:15 , 15 Agustus 2018

Hasil Rapat Kerja V Pengurus PPSI
Di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Sabtu, 11 Agustus 2018  

raker upi

Pada rapat kerja V Pengurus PPSI ini antara lain dihadiri oleh : Dr. Dhanang Respati Puguh (Undip, Semarang), Dr. Linda Sunarti (UI, Jakarta), Dr. Agus Mulyana (UPI, Bandung), Dr. Ivan B. Kaunang (Unsrat, Manado), Dr. R. Muhammad Mulyadi (Unpad, Bandung), Dias Pradadimara, M.A. (Unhas, Makassar), Drs. HY Agus Murdiastomo, M.Hum. (UNY, Yogyakarta), Baha` Uddin, M.Hum. (UGM, Yogyakarta), Samsuddin, M.Ag. (UIN Sunan Gunung Jati, Bandung), Basrin Melamba, M.A. (Unhalu, Kendari), Jihan Rabith Amaruli, M.Hum. (Undip, Semarang). 

Raker PPSI dihadiri juga oleh Ketua Departemen Pendidikan Sejarah UPI Dr. Murdiah Winarti M.Hum. dan segenap dosen dari Departemen Pendidikan Sejarah UPI.

 

Hasil Rapat Kerja PPSI di UPI dapat dirumuskan menjadi beberapa hal:
Tradisi pelaksanaan Seminar Nasional dalam Munas PPSI seperti yang dilaksanakan pada Munas II PPSI di UI tahun 2016, akan dijadikan sebagai model pelaksanaan Munas PPSI pada waktu mendatang. Oleh karena itu Munas III PPSI yang rencana akan dilaksanakan pada bulan November 2018 di Undip Semarang juga akan diselenggarakan Seminar Nasional.

 

1. Rencana Seminar Nasional PPSI

a.  Tema Seminar diputuskan tidak berubah seperti yang sudah ditetapkan pada rapat kerja PPSI di Unnes Semarang bulan Maret 2018 yaitu: Merawat Memori Kolektif Memperkuat Integrasi Bangsa

 b. Pada kegiatan seminar tersebut akan mengundang invited speaker yang secara khusus akan membicarakan masalah mengenai perkembangan historiografi Indonesia, yaitu:

1)  Prof. Dr. Singgih Sulistyono (Undip Semarang) dengan tema Historiografi Kemaritiman, 
2)  Prof. Dr. Said Hamid Hasan (UPI Bandung) dengan tema Historiografi Pendidikan,
3)  Prof. Dr. Susanto Zuhdi (UI Jakarta) dengan tema Historiografi Integrasi Nasional,
4)  Prof. Dr. Oman Fathurrahman (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dengan tema Historiografi Islam.

 c. Sementara untuk subtema yang berjumlah 19 hasil raker PPSI di Unnes disederhanakan menjadi 5 untuk memudahkan publikasi. Kelima subtema itu adalah:
1)  Kemaritiman, Jaringan Ekonomi, dan Mobilitas Sosial,
2)  Pendidikan, Agama, Pluralisme dan Kebangsaan,
3)  Negara, Politik Global, dan Ketahanan Nasional,
4)  Budaya, Seni, dan Olahraga,
5)  Kesehatan dan Lingkungan Hidup

 d.  Waktu Pelaksanaan

Rencana penyelenggaraan seminar nasional kalau peserta tidak banyak akan diselenggarakan di hotel, tetapi kalau pesertanya banyak akan dilaksanakan di Kampus Undip pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 17-18 November 2018.

e.  Masalah pembiayaan: Peserta seminar akan dipungut kontribusi seperti pelaksanaan seminar nasional yang diselenggarakan di UI tahun 2016.

 f.  Makalah akan langsung diterbitkan di jurnal-jurnal milik prodi-prodi anggota PPSI. Oleh karena itu dalam publikasi nanti akan langsung berupa call for paper, dengan ketentuan penulisan menggunakan format penulisan dan gaya selingkung jurnal serta dibatasi dengan menggunakan jumlah kata.

 

2.   Penerbitan Jurnal Sejarah Indonesia Volume I No. 2

Pada raker ini juga diputuskan, para pengurus yang bersedia akan menulis naskah untuk penerbitan Jurnal Sejarah Indonesia (JSI) Volume I No. 2 Tahun 2018, yaitu:
a. Dias Pradadismara, MA. (Unhas)
b. Dr. Linda Sunarti (UI),
c. Basrin Melamba, M.A. (Unhalu),
d. Samsudin, M.Ag (UIN Sunan Gunung Jati, Bandung),
e. Drs. HY. Agus Murdiyastomo, M.Hum. (UNY),
f.  Rabith Jihan Amarulli, M.Hum. (Undip)
g. Dr. Agus Mulyana (UPI),
h. Dr. Sri Margana (UGM)

 Sementara tulisan yang sudah masuk redaksi adalah naskah dari:
a. Dr. Purnawan Basundoro (Unair),
b. Dr. R. M. Mulyadi (Unpad)

 

3.   Pengembangan Web PPSI
Untuk pengembangan database SDM prodi dimohon segera para pengurus PPSI untuk segera mengirimkan ke sekretariat PPSI untuk pengembangan website PPSI. Selain itu juga diharapkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan prodi dapat dikirimkan link-nya ke sekretariat PPSI untuk dipublikasikan di web PPSI.

 

4.   Pertukaran Dosen antaranggota PPSI
Antaranggota PPSI bisa mengundang pengurus yang sedang menjabat sebagai narasumber atas rekomendasi dan undangan resmi dari pengurus pusat PPSI untuk mengisi kuliah umum di prodi anggota PPSI yang lain. Dengan skema, transportasi akan dibiayai oleh lembaga asal narasumber sedangkan biaya akomodasi bisa dibiayai oleh prodi pengundang. Dengan mekanisme, prodi pengundang terlebih dahulu meminta kesediaan narasumber secara informal, jika narasumber sudah bersedia, prodi pengundang meminta surat rekomendasi dan undangan resmi kepada narasumber.

 

5.   Agenda Rencana Munas III PPSI
a. Pembahasan tentang keorganisasian; gelar, otonomi prodi, harmonisasi kurikulum, meningkatkan soliditas anggota; jurnal; SOP tukar menukar dosen dan mahasiswa, lembaga akreditasi mandiri,
b. Perubahan AD ART (tentatif),
c. Peresmian anggota baru,
d. Pergantian pengurus

raker upi


Komentar Pengunjung

Nama :
Email :
Website :
Komentar  
Masukan kode di bawah ini:
 Reload



~ Belum ada komentar